Arti BELAJAR
Sebenarnya
apa itu belajar?, apakah belajar hanya berpikir atau membaca buku? dan
apakah arti belajar yang sesungguhnya?. Menurut orang Indonesia yang
bernama Thursan Hakim: belajar adalah suatu proses perubahan di dalam
kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk
peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan
kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya
pikir, dan lain-lain kemampuan. Pengertian belajar dapat didefinisikan
sebagai berikut : Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan
seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya. Sedangkan Menurut Gagne (Whandi: 2009) Belajar adalah
suatu proses dimana suatu organisma berubah tingkah lakunya sebagai
akibat pengalaman Dari pengertian tersebut terdapat tiga atribut pokok
atau ciri utama belajar, yaitu: proses, perilaku, dan pengalaman, dengan
pengertian sebagai berikut 1) Proses Belajar adalah proses mental
dan emosional atau proses berpikir dan merasakan. Seseorang dikatakan
belajar apabila pikiran dan perasaannya aktif. Aktifitas pikiran dan
perasaan itu sendiri tidak dapat diamati orang lain, akan tetapi terasa
oleh yang bersangkutan yang dapat diamati guru adalah manifestasinya,
yaitu kegiatan siswa sebagai akibat dari adanya aktifitas pikiran dan
perasaan pada diri siswa tersebut. 2) Perubahan Perilaku Hasil
belajar berupa perubahan perilaku atau tingkah laku seseorang yang
belajar akan berubah atau bertambah perilakunya, baik yang berupa
pengetahuan, ketrampilan, atau penguasaan nilai-nilai sikap. 3)
Pengalaman Belajar adalah mengalami, dalam arti belajar terjadi di dalam
interaksi antara individu dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik
maupun sosial. Lingkungan fisik, misalnya :buku, alat peraga, alam
sekitar. Lingkungan sosial, misalnya: guru, siswa pustakawan, dan Kepala
Sekolah. Belajar bisa melalui pengalaman langsung maupun melalui
pengalaman tidak langsung. Belajar melalui pengalaman langsung, misalnya
siswa belajar dengan melakukan sendiri dan pengalaman sendiri. Belajar
melalui pengalaman tidak langsung, misalnya mengatahui dari membaca
buku, mendengarkan penjelasan guru. Belajar dengan melalui pengalaman
langsung hasilnya akan lebih baik karena siswa lebih memahami, lebih
menguasai pelajaran tersebut, bahkan pelajaran terasa oleh siswa lebih
bermakna. Ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar:
1).Perubahan terjadi secara sadar Ini berarti bahwa seseorang yang
belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu atau sekurang-kurangnya
ia merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.
Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah, kecakapanya
bertambah, kebiasaanya bertambah. Jadi perubahan tingkah laku yang
terjadi karena mabuk atau dalam keadaan tidak sadar, tidak termasuk
perubahan dalam pengertian belajar , karena orang yang bersangkutan
tidak menyadari akan perubahan itu. 2). Perubahan dalam belajar bersifat
kontinu dan fungsional Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi
dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan , tidak statis.
Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan
akan berguna bagi kehidupan ataupun proses belajar berikutnya. Misalnya
jika seorang anak belajar menulis maka ia akan mengalami perubahan dari
tidak dapat menulis menjadi dapat menulis. Perubahan ini berlangsung
terus hingga kecakapan menulisnya menjadi lebih baik dan sempurna. 3).
Perubahan dalam belajar bersifat Positif dan aktif Dalam perbuatan
belajar, perubahan-perubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk
memperoleh Sesutu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin
banyak usaha belajar itu dilakukan, makin banyak dan makin baik
perubahan yang diperoleh. Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa
perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya melainkan karena usaha
individu sendiri. Misalnya perubahan tingkah laku karena proses
kematangan yang terjadi dengan sendirinya karena dorongan dari dalam ,
tidak termasuk perubahan dalam pengertian belajar. 4). Perubahan dalam
belajar bukan bersifat sementara Perubahan yang terjadi karena proses
belajar bersifat menetap atau permanen. Ini berarti bahwa tingkah laku
yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap. Misalnya kecakapan
seorang anak dalam memainkan piano setelah belajar, tidak akan hilang
begitu saja melainkan akan terus dimiliki bahkan akan semakin berkembang
kalau terus dipergunakan atau dilatih. 5). Perubahan dalam belajar
bertujuan atau terarah Ini berarti bahwa perubahan tingkah laku itu
terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai. Perbuatan belajar terarah
kepada perubahan tingkah laku yang benar-benar disadari. Misalnya
seseorang yang belajar mengetik sebelumnya sudah menetapkan apa yang
mungkin dapat dicapai dengan belajar mengetik, atau tingkat kecakapan
mana yang akan dicapainya. 6). Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah
laku Perubahan yang diperoleh seseorang setelah melalui suatu proses
belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Jika seorang
belajar Sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah
laku secara menyeluruh dalam sikap, keterampilan, pengetahuan, dan
sebagainya. Dengan begitu kesimpulan dari belajar adalah : a)
Situasi belajar harus bertujuan. Tujuan merupakan salah satu aspek dari
situasi belajar. Tujuan-tujuan belajar harus diterima baik oleh
masyarakat. Tujuan dan maksud belajar timbul dari kehidupan anak
sendiri. Didalam mencapai tujuan itu, murid akan senantiasa menemui
kesulitan, rintangan, dan situasi yang tidak menyenangkan. b) Hasil
belajar yang utama adalah pola tingkah laku yang bulat. c) Proses
belajar terutama mengerjakan hal-hal yang sebenarnya. Dengan kata lain
belajar apa yang diperbuat dan mengerjakan apa yang dipelajari. d)
Kegiatan-kegiatan dan hasil-hasil belajar dipersatukan dan dihubungkan
dengan tujuan dan situasi belajar. e) Murid memberikan reaksi
secara keseluruhan. f) Murid mereaksi suatu aspek dari lingkungan
yang bermakna baginya. g) Murid diarahkan dan dibantu oleh
orang-orang yang berada dalam lingkungan itu. Itulah sedikit cerita
mengenai arti belajar, semoga kita semakin rajin belajar dan semakin
tambah pintar, amin.SUMBER : http://www.kompasiana.com/pughiyman/apa-itu-belajar_55004441a333115b745101ea
Tidak ada komentar:
Posting Komentar